Okecloud.id – Menggunakan Google Analytics (GA) adalah alat analisis web yang dapat memperoleh wawasan tentang kinerja online situs web dan bisnis Anda.
Memulai GA itu mudah, dan dalam kebanyakan kasus, Anda dapat segera melacak indikator utama bisnis online Anda. Google Analytics memberikan tingkat kerumitan tertentu; semakin Anda ingin menyingkirkannya. Semakin banyak waktu Anda tenggelam di dalamnya, semakin bermanfaat bagi Anda.
Dibandingkan dengan bisnis umum, semakin relevan data saluran yang Anda miliki, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk pengoptimalan, ide baru, dan pemahaman hubungan antar berbagai hal.
Google Analytics terintegrasi dengan mulus dengan layanan Google lainnya. Jika Anda menggunakan layanan berbasis Google lainnya untuk pemasaran, GA akan melacak kinerjanya dengan sangat penting.
Manfaat Menggunakan Google Analytics
Dalam kampanye pengoptimalan mesin telusur, Anda perlu menggunakan Google Analytics untuk melacak keefektifan kata kunci agar kampanye berhasil.
Anda akan dapat memahami berapa banyak lalu lintas yang dibawa setiap kata kunci ke situs web Anda. Google Analytics membuka dunia di mana Anda mungkin tidak pernah tahu informasi pengunjung situs web.
Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan Google Analytics selama kampanye pengoptimalan:
1. Ini sepenuhnya gratis
Meskipun merupakan alat gratis, ia masih menawarkan fitur yang sama atau bahkan lebih banyak dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya.
2. Dapat mengetahui bagaimana pengunjung menemukan situs web Anda
Selain kumpulan kata kunci inti yang ingin Anda optimalkan, dengan menggunakan Google Analytics Anda juga dapat mengetahui kata kunci lain yang diketik pengunjung untuk menemukan situs web Anda.
Selama kampanye pengoptimalan awal, jumlah kata kunci mungkin sedikit. Namun seiring waktu, karena upaya pengoptimalan Anda secara keseluruhan, Anda akan mulai mencantumkan lebih banyak kata kunci dalam daftar organik Anda.
3. Mampu mengidentifikasi halaman dan link yang paling banyak diklik pengunjung
Anda akan dapat mengetahui halaman dan tautan mana yang populer dan mengukur apakah aktivitas pengoptimalan Anda mengarahkan lalu lintas ke halaman yang tepat dengan menggunakan Google Analytics
4. Segmentasi pengunjung
Dengan ini, Anda akan dapat memahami berapa banyak pengunjung baru yang dibawa kampanye SEO Anda. Anda dapat mengelompokkan hasil analisis menurut pengunjung baru/kembali, lokasi geografis, dan sumber yang direkomendasikan.
5. Meningkatkan situs web
Dengan laporan analisis ini, Anda akan dapat meningkatkan situs web Anda dan menulis salinan baru di halaman mana pun yang tidak terkonversi dengan baik. Pada akhirnya, ini akan memberi Anda lebih banyak pelanggan potensial berkualitas tinggi, dan dengan demikian lebih banyak pelanggan dalam waktu dekat.
6. Temukan platform pemasaran yang tepat
Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat menentukan saluran pemasaran yang tepat. Anda juga dapat mencari tahu di platform media sosial mana audiens Anda lebih aktif dan terlibat. Dengan cara ini, Anda akan dapat berinvestasi dengan pengembalian yang baik.
Google Analytics adalah alat hebat yang dapat meningkatkan kinerja bisnis online Anda. Jika digunakan dengan benar, Anda akan dapat meningkatkan penjualan, meningkatkan visibilitas online, dan mengejar pesaing Anda.
Kesimpulan
Dengan Google Analytics, selain mengumpulkan data tentang lalu lintas dari Google, Anda juga dapat mengumpulkan data lalu lintas dari MSN dan Yahoo !. Hasil pencarian yang terkait dengan situs web Anda dan digunakan untuk meningkatkan kehadiran Anda di platform pencarian..